CARA MEMBUAT LAYANGAN GAPANGAN

Cara Membuat Layangan Gapangan

Cara membuat layangan gapangan tidaklah tergolong mudah, terdapat beberapa tahapan khusus yang harus dilakukan secara seksama agar menghasilkan kriteria layangan adu yang benar-benar seimbang. Layangan gapangan ini lebih dominan menjadi layangan adu tentunya karena bentuknya yang agak bulat menjadikannya lebih tangkas saat melambung di udara.

Bermain Layangan merupakan hobby yang seru, bahkan permainan ini merupakan salah satu permainan tradisional yang semakin tahun semakin ramai peminatnya. Bagaimana tidak permainan yang satu ini sungguh tidak mengenal usia seseorang jika sudah menjadi hobby tersendiri, terlebih lagi jika seseorang yang bersangkutan sudah mahir dalam proses pembuatan layangan baik dari segi menentukan atau memilih bahan dasar yang paling bagus hingga proses pembuatan yang akurat menyangkut keseimbangan layangan.

Dari berbagai jenis layangan yang ada di tanah air kita, terdapat dua kategori layangan yang admin ketahui yaitu layangan khusus adu, dimana layangan ini mengandalkan kekuatan sayap dan kekuatan benang gelasan. Kekuatan sayap pada layangan layangan ini harus dibuat seseimbang mungkin dan tidak terlalu lentur agar dapat dikendalikan atau diarahkan sesuai keinginan pemain layangan dalam pertandingan adu layangan tersebut.

Menyangkut Jenis layangan aduan, terdapat berbagai macam nama layangan yang berbeda-beda pula meski beberapa diantaranya memiliki bentuk yang cukup sama antara layangan yang satu dengan layangan yang lainnya. Layangan yang memiliki bentuk/model yang ada kesamaan tersebut antara lain Layangan Gapangan, Sawangan dan Wau.

Ketiga jenis layangan tersebut  merupakan jenis layangan yang menurut admin paling banyak di adu karena selain faktor gaya terbang yang cukup liar alasan lainnya yaitu karena faktor bentuk yang agak bulat membuat layangan jenis tersebut nampak lebih serasi jika masuk dalam kategori layangan adu.

Mengenai nama masing-masing layangan tersebut admin berpikir bahwa mungkin karena berasal dari daerah-daerah yang berbeda sehingga nama layangannya juga berbeda meskipun terdapat kesamaan dari segi bentuk atau model layangan.

Cara pembuatan layangan Gapangan sebenarnya hampir sama dengan cara membuat layangan bersendaren jenis lainnya karena Pada umumnya bentuk layangan gapangan memiliki bentuk yang hampir sama persis dengan layangan bersendaren, seperti layangan wau dan layangan sawangan.

Bagian yang menjadi perbedaannya terdapat pada bagian ekor layangan. Contohnya dengan memperhatikan gambar di bawah ini pasti sobat sudah paham maksud saya.


Dari bagian kiri ke kanan Gambar di atas merupakan gambar layangan Gapangan, Sawangan dan Layangan Wau. Dari segi bentuk terdapat tampilan yang hampir sama berdasarkan ketiga gambar bersangkutan di atas.

Dari keterangan gambar di atas dapat di ambil kesimpulan bahwa masing-masing layangan tersebut memiliki bentuk dan proses pembuatan yang hampir sama pula, perbedaan hanya sedikit pada bagian ekor dan nama layangan masing-masing karena berasal dari daerah tertentu.


Oleh sebab itu, anda dapat membuat layangan sawangan,layangan gapangan ataupun layangan bersendaren jenis lainnya dengan bentuk atau model sesuai selera sobat, tetapi ingat yang perlu digaris bawahi yaitu Keseimbangan antara Bodi Layangan dengan Sendaren (bunyian Layangan) harus memiliki volume/berat yang sama (seimbang).

Baca : Langkah Pertama Membuat Layangan

Untuk proses pembuatan layangan Gapangan, silahkan sobat gulir ke bawah dan membaca artikel tentang "cara membuat layangan Wau Bulan" karena sesuai yang saya sampaikan sebelumnya bahwa ketiga layangan tersebut memilki proses yang sama dalam pembuatan layangan gapangan ini baik dari peyususunan rangka layangan gapangan hingga keseimbangan yang pas.

0 Response to "CARA MEMBUAT LAYANGAN GAPANGAN"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel