CARA MEMBUAT LAYANGAN

Rangka Dasar Layangan


Membuat layangan merupakan suatu aktivitas yang cukup menyenangkan khususnya disaat hari liburan. Ada banyak bentuk layangan dengan metode pembuatan yang bermacam-macam pula tentunya, baik dari layangan sederhana hingga layangan yang proses pembuatannya lumayan rumit.

Cara membuat layangan tentunya memerlukan ketelitian dalam prosesnya terutama bagian sayap layangan, karena sayap layangan berperan penting dalam hal kelenturan dan keseimbangan bodi sebuah layangan secara keseluruhan. Jadi apabila terdapat bagian yang tidak seimbang pada sayap layangan, itu artinya proses pembuatannya masih kurang efektif dan hal ini biasanya nampak ketika layangan sudah jadi dan diterbangkan.

Selain itu, Hal lain yang juga sangat penting  dalam membuat layangan adalah ketelitian baik dalam proses pemilihan bahan hingga proses merangkaikan rangka demi rangka hingga menghasilkan sebuah layangan yang stabil keseimbangannya.

Melalui langkah pembuatan rangka layangan ini tentunya sobat juga akan paham tentang bagaimana cara membuat layangan burung, layangan kelelawar dan layangan wau atau sejenisnya seperti halnya layangan gapangan dan sawangan yang kebetulan memilki bentuk yang hampir mirip.

Sebelum melanjut kepembahasan tentang cara membuat rangka dasar layangan ini, bagian utama yang juga sangat penting adalah memilih bahan utama untuk membuat layangan terkhusus saat pemilihan bambu. Dalam hal ini, jangan menggunakan bambu yang masih muda karena selain daya lekuk yang terlalu lentur, bambu yang masih muda juga sangat rentan patah.

Bambu yang berumur tua juga tidak semuanya memilki kualitas yang bagus untuk dibuat menjadi kerangka layangan, hal yang harus diperhatikan adalah tekstur serat pada bambu berumur tua yang kita pilih. Untuk tekstur untuk jenis bambu yang berkualitas ditandai dengan warna serat yang agak mengkilap. Nah, apabila sobat sudah memahami tentang dasar-dar yang diperlukan untuk membuat rangka dasar sebuah layangan, mari kita langsung menuju pembahasan utama

Untuk tahapan dasar pembuatan rangka layangan ini, sediakan bahan dan alat untuk membuat layangan seperti buluh/bambu yang sudah dibelah menjadi beberapa bagian, benang untuk mengikat rangka, Pena  atau pensil untuk menggaris serta pisau untuk meraut bagian-bagian bamboo yang sudah dibelah.

Menyangkut tentang ukuran atau Panjang bambu yang digunakan, silahkan sobat menentukannya sendiri karena hal ini tergantung  dari tujuan anda tentang sebesar apa ukuran layangan yang direncanakan untuk dibuat. Berikut tahapan dalam membuat Layang-layang :

cara membuat layangan kelelawar, cara membuat layangan wau dan cara membuat layangan sendaren


Silahkan sobat membelah bahan utama seperti bambu yang sudah sobat persiapkan, bentuk hasil dari belahan bambu, diusahakan tidak terlalu besar sesuaikan seperti gambar nomor 2 sampai nomor tiga di atas. Hal ini agar pembuatannya cepat atau tidak memerlukan waktu yang lama untuk meraut bambu/buluh.
Buatlah sebanyak 3 (Tiga), satu untuk TIANG LAYANGAN sepanjang 110 cm seperti gambar nomor 4 di atas, dan 2 (Dua) untuk bagian SAYAP LAYANGAN dengan panjang 120 cm.

MERAUT SAYAP LAYANGAN


Ambillah 2 buah bambu yang sudah dibelah tadi untuk membuat bagian sayap. Untuk proses meraut ini, terlebih dahulu tentukan titik tengah buluh calon sayap yang akan diraut, berikan tanda/garis dengan menggunakan pensil atau pena . Jika ingin lebih efektif, sebaiknya calon sayap layangan diukur dengan cm agar lebih muda dalam menentukan titik tengah sayap layangan karena kita hanya perlu menentukan bagian setengah dari panjang keseluruhan sayap.

Sebagai contoh, sekarang ini saya membuat sayap layangan dengan panjang keseluruhan dari ujung ke ujung (total) adalah 120 cm, maka sudah diketahui letak titik tengah sayap berada sekitar 60 cm menuju bagian tengah buluh dari salah satu ujung sayap. Kedua sisi sayap diraut dari bagian titik tengah menuju kedua bagian ujung sayap, semakin ke ujung semakin kecil pula bagian sayap hasil rautannya.

Rautlah kedua sisi kanan dan kiri bagian sayap hingga memperoleh lengkungan yang sama. Perhatikan tiap sisi lekukan, usahakan agar lelukannya benar-benar sama persis. Setelah lekukannya sempurna, selanjutnya gunakan benang untuk memeriksa keseimbangan antara sisi kiri dan kanan sayap yang dibuat. Cara yang digunakan yaitu dengan mengikat bagian titik tengah sayap yang tadi di garis dengan pensil/pena  kemudian  Gantungkan Gantungkan sayap yang terikat benang ke udara untuk memeriksa hasilnya. Jika belum seimbang raut kembali dengan mencari bagian-bagian sayap yang nampak kelebihan ukuran hingga memperoleh keseimbangan yang sempurna. Jika pembuatan kedua sayap sudah selesai, selanjutnya kita membuat tiang layangan.

PEMBUATAN TIANG LAYANG-LAYANG


Setelah selesai melakukan langkah-langkah di atas, itu artinya tahap pembuatan kedua buah sayap sudah selesai dan tinggal mengikatkannya saja pada tiang layangan untuk dipasang. Langkah selanjutnya yaitu membuat tiang layangan,. Pembuatan tiang layangan tergolong sangat mudah, anda tidak perlu menimbangnya seperti saat membuat sayap.

Menyangkut bentuknya juga tergantung sobat, dibuat persegi empat juga bagus yang terpenting diameternya disesuaikan dengan besarnya ukuran pangkal sayap layangan (titik tengah layangan). Untuk contoh, ukuran tiang Layangan yang saya buat ini sepanjang 110 cm.  Langkah selanjutnya yaitu mengikatkan kedua buah sayap pada tiang layangan.

macam macam rangka layangan dan cara membuatnya

Sesuai langkah nomor 7 (Tujuh), Ikat salah satu sayap tadi pada tiang Layangan dengan jarak 10 cm ke bawah dari ujung atas tiang layangan, sisa 10 cm tersebut akan dijadikan kepala Layangan Nantinya. Cara pengikatan untuk rangka layangan dilakukan secara  menyilang sesuai gambar nomor 7 (Tujuh) di atas.

Selanjutnya, pasang lagi sayap yang kedua pada tiang layangan dengan jarak 75 cm ke bawah dari letak pengikatan sayap pertama tadi. Jika sobat kurang paham perhatikan langkahnya sesuai gambar nomor 8 (Delapan).

Untuk langkah nomor 9 (Sembilan) di atas, buatlah POTONGAN ½ (Setengah) pada tiap ujung sayap. Baik sayap bagian atas maupun bagian bawah, lakukan hal yang sama. Bagian pemotongan ½ ini harus dibuat secara berlawanan antara sayap atas dan bawah karena nantinya akan disatukan saat dilakukan pengikatan.

membuat layangan dari bambu


Gambar nomor 10 (Sepuluh) di atas adalah hasil dari pengikatan sayap sesuai gambar nomor 9 sebelumnya, sekarang kita tinggal menyatukan antara sayap atas dengan sayap bawah. Caranya dengan mempertemukan masing-masing bagian ujung sayap yang ½ tadi , kemudian diikat menjadi satu bagian sesuai pada keterangan yang tertera pada gambar nomor 11 (Sebelas).

Apabila semua step di atas sudah selesai dilakukan, maka sobat sudah selesai membuat sayap layangan. Sampai pada tahapan ini, sobat tinggal menentukan model untuk bagian ekor layangan, karena pada dasarnya bentuk ekor tiap layangan mungkin berbeda-beda tetapi bagian sayap dan tulang baik bentuk atau prosedur kerja memilki cara yang sama untuk kebanyakan layang-layang terkhusus pada bentuk atau model layangan aduan, dan hal ini bisa juga diterapkan dalam membuat layangan lain seperti membuat layangan Wau, layangan kelelawar, layangan gapangan ataupun layangan lainnya.

Note : Terkecuali artikel ini, semua postingan lain yang membahas Proses pembuatan layangan merupakan langkah ke-2 dari artikel ini. Untuk sobat yang masih dalam tahap belajar membuat  layangan, ada baiknya membaca artikel ini agar tidak kebingungan dalam membaca artikel lainnya.

Baca : Cara Membuat Layangan Wau Bulan

Demikian artikel tentang Cara Membuat Layangan, semoga informasi yang saya sampaikan dapat berguna untuk orang banyak. Jika sobat berkenan, silahkan bagi artikel ini kepada teman-teman yang lain melalui media sosial dibawah ini agar  . Sekian, terima kasih atas kunjungannya.

0 Response to "CARA MEMBUAT LAYANGAN"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel