Layangan Siger

cara membuat layangan siger

Layangan siger adalah salah satu layangan yang berasal dari Lampung. Layangan siger ini berbentuk agak bulat dan merupakan layangan khas dariLampung, kepala layangan melingkar meniru bentuk sengat binatang ngengat selain itu motif bentuknya diambil dari mahkota pengantin perempuan Lampung dan nama mahkota tersebut adalah Siger.

Menurut tradisi layangan Siger ini digunakan untuk menangkap ikan dengan cara memasang umpan pancingan pada layangan kemudian menerbangkannya. Apabila layangan ini bergerak dan getaran benang layangan sudah terasa hingga ke tangan nelayan, berarti ujung umpan telah menjerat ikan.

Cara membuat Layangan Siger ini awalnya berbahan dasar bambu dan daun loko-loko, dimana daun loko loko merupakan sejenis tumbuhan pakis. Daun ini diikatkan pada rangka dari bambu dan kemudian diterbangkan beserta umpan untuk menangkap ikan.

Manfaat menggunakan layangan siger untuk memancing ikan tidak lain agar umpan pancingan bisa berada lebih jauh dari kapal. Namun seiring berjalannya waktu, sebagai bentuk preventif rusaknya daun loko loko tersebut apabila terkena air maka  bahan dari daun Loko-loko diganti menjadi plastik.

Sekarang ini juga banyak ditemukan layangan siger, baik dari segi tampilan warna dan bentuk lebih variatif serta tidak digunakan untuk memancing melainkan sebagai layangan hias karena pada dasarnya layangan ini memilki bentuk yang menarik.

Beberapa di daerah lain juga banyak layangan lain yang mirip layangan siger namun yang membedakannya terdapat pada bagian kepala dan ekor layangan. Layangan mirip siger tersebut dibuat seunik mungkin bahkan ada yang terbuat dari kain parasut yang dilukis dengan cat berwarna biru laut kemudian dibubuhi bubuk-bubuk berwarna emas pada gambar motif dibagian tengahnya.

Demikian informasi tentang Layangan Siger. Semoga informasi ini dapat berguna kepada para sobat sebagai pembaca dalam mencari info tentang layangan siger. Apabila terdapat hal yang kurang dipahami, silahkan tingalkan pesan pada kolom komentar dibawah.

Jangan lupa bagikan informasi layangan siger ini kepada teman yang lain melalui menu media social dibawah ini agar bisa bermanfaat untuk semua orang. Sekian dan terima kasih atas kunjungannya.

0 Response to "Layangan Siger"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel