CARA MEMBUAT LAYANGAN KELELAWAR

Cara membuat Layang layang Kelelawar



Layangan kelelawar atau layang layang kelelawar merupakan jenis layang-layang unik jika dibanding dengan layang-layang jenis lainnya. Walaupun dasar pembuatannya hampir sama dengan layang layang lain pada umumnya.

Khusus buat sobat yang masih dalam tahap belajar membuat layangan, saya sarankan agar terlebih dahulu membaca artikel Rangka dasar membuat layangan, agar langkah-langkah pembuatan layangan kelelawar di bawah nantinya dapat di pahami lebih cepat.

Baca dulu : Cara Membuat Rangka Dasar Layangan

Tetapi jika sobat sudah terbiasa membuat layangan, silahkan lanjutkan saja pembacaannya karena Admin yakin anda bisa langsung memahami prosedur pembuatan layangan kelelawar ini. Jika sobat sudah membaca dasar pembuatan layangan step 1 di atas, lanjutkan langkah-langkah di bawah ini.

Siapkan alat dan bahan untuk membuat layangan kelelawar, baik itu buluh/bambu yang sudah dibelah menjadi beberapa bagian, benang untuk mengikat rangka layangan, dan serta pisau untuk meraut.

Panjang ukuran bambu yang digunakan untuk membuat layangan jenis ini tergantung selera sobat sebesar apa layangan kelelawar yang direncanakan untuk dibuat.

Persiapan Rangka Layangan Kelelawar.

Persiapan Susunan rangka layangan kelelawar ini, saya menggunakan ukuran sayap utama sepanjang 120 cm dan tiang layangan sepanjang 110 cm. Mengenai ukuran sayap ini, Silahkan sobat tentukan sendiri ukuran panjang atau lebar layangan yang hendak dibuat yang terpenting keseimbangan sayap atau rangka layangan tetap diutamakan.

Buatlah  3 (tiga) bagian sayap yang 2 buah sayap sepanjang 120 cm untuk dijadikan sayap utama, dan 1 buah lagi sepanjang 180 cm. Sayap dengan panjang 180 cm ini diraut jauh lebih kecil dari kedua sayap utama karna hanya digunakan sebagai pembentuk model sayap saja, tetapi perlu untuk ditimbang juga agar keseimbangan layangan tetap sempurna.

Untuk membentuk bagian kepala dan ekor layangan kelelawar, Rautlah buluh dengan panjang 60 cm atau  ½ (setengah) dari  panjang keseluruhan sayap utama. Buatlah sebanyak 6 buah, Dua (2) buah untuk model kepala kelalawar, kemudian 4 buahnya untuk membuat rangka ekor layangan kelelawar.

Setelah semua bahan penyusunan rangka layangan kelelawar di atas sudah disiapkan, maka selanjutnya kita beralih pada tahap pemasangan rangka dengan cara mengikat bagian-bagian yang sudah dipersiapkan pada pembahasan di atas.

MENGIKAT RANGKA LAYANG-LAYANG KELELAWAR.


Untuk membentuk kepala layangan kelelawar, Ambil 2 buah buluh dengan panjang 60 cm  yang sebelumnya dibuat. Ikatkan kedua buluh tersebut pada tiang layangan bagian atas, posisinya seperti gambar nomor 2 -3 di atas. Pasang sayap ke-3 yang panjangnya 180 cm tadi di bagian atas sayap utama seperti gambar nomor 4.

MEMASANG RANGKA EKOR LAYANGAN KELELAWAR


Seperti halnya dengan layangan lain, layangan kelelawar juga memilki ekor. Ekor layangan ini berfungsi sebagai bagian keseimbangan layangan. Untuk langkah-langkahnya, ambillah sisa 4 buah buluh dengan panjang 60 cm yang diraut tadi untuk membentuk ekor layangan.berikut tahapannya :


  • Dua buah bulu disambung menjadi satu bagian, ikatkan dengan menggunakan bahan dari kulit rotan. Apabila kulit rotan tidak tersedia, anda juga bisa menggunakan sedot minuman sebagai alternatif untuk menyambung ekor bahkan prosesnya terbilang sangat simple dan cepat.





  • Gambar nomor 1 di atas, merupakan 2 buah buluh yang akan disambung dengan sedot minuman atau kulit rotan dengan cara menyisipkan buluh ke dalam lubang sedot minuman. Selanjutnya satukan 2 buah buluh tersebut seperti yang tertera di bawah ini.



Lakukan langkah di atas, sesuai gambar nomor 3-4. Ikat pada sisi masing-masing agar buluh tidak mudah lepas. Setelah langkah diatas selesai, maka sekarang lanjutkan tahapan untuk memasang ekor layangan. Berikut langkah-langkahnya terdapat pada keterangan gambar selanjutnya :


  • Dua buah buluh yang terakhir, diikat pada tiang layangan sekitar 6 cm ke atas dari sayap bagian bawah. Ikatkan seperti pada gambar nomor 5-6.
  • Pasang buluh yang tersambung sedot munuman/ kulit rotan tepat dibagian ujung bawah tiang layangan seperti pada gambar nomor 7 diatas.
  • Buluh yang diikat pada tiang layangan ditekuk ke atas, dan ikatkan kedua buluh yang ditekuk tersebut masing-masing menuju bagian ujung ekor paling bawah.

Sejauh ini tentu hampir selesai, tinggal membentuknya saja dengan menggunakan benang. Perhtikan gambar di bawah ini, dengan keterangan Lingkaran berwarna putih merupakan bagian yang diikat dan tanda panah berwarna merah merupakan arah benang menuju bagian yang di ikat.


Selesai..Silahkan diberikan kertas, dan siap untuk diterbangkan. Satu hal lagi yang tidak kalah pentingnya agar penampilan layangan semakin menarik yaitu di bagian kepala layangan ini juga bisa dipasangi bunyi-bunyian atau sendaren.


Demikian artikel tentang cara membuat layangan kelelawar, semoga informasi yang saya sampaikan dapat berguna untuk orang banyak. Jika sobat berkenan, silahkan share artikel ini melalui media sosial dibawah ini. Sekian, terima kasih atas kunjungan para sobat sekalian.

0 Response to "CARA MEMBUAT LAYANGAN KELELAWAR"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel