CARA MEMBUAT BENANG GELASAN

Benang Gelasan

Benang gelasan merupakan jenis benang yang digunakan untuk  memainkan layangan aduan. Benang gelasan dibuat dari benang biasa yang diberi lem dan gelas bubuk. Dalam adu layangan, benang gelasan ini dapat memotong benang lain, dan pemilik layangan yang memotong benang layangan lain dianggap sebagai pemenang.

Benang gelasan bila disentuh langsung dapat mengakibatkan luka, dan karena itu bagian bawahnya biasanya tidak diberi serbuk beling dari pecahan gelas agar dapat dipegang dengan menggunakan tangan.
Sumber : wikipedia.org

Secara umum dalam proses pembuatan Benang Gelasan ini terdiri dari dua jenis benang yakni benang gelasan dan benang senar. Bahan atau material benang gelasan dipadukan dengan benang jahit yang dikemudian dicampur bahan tertentu untuk merekatkan beling pada senar yang diinginkan sehingga menjadi benang gelasan yang tajam.

Dalam membuat benang gelasan, dierlukan ketelitian dalam mencampurkan beberapa bahan  dalam proses pembuatannya agar hasilnya juga sesuai dengan yang diharapkan. Selain itu, kita juga dituntut agar extra berhati-hati membuat benang gelasan ini karena beberapa bahannya terbuat dari serbuk kaca atau beling.

bahan atau adonan dalam membuat benang gelasan juga bermacam-macam, tidak heran dari waktu ke waktu banyak pemain layangan aduan melakukan eksperimen dalam menciptakan benang gelasan yang tajam. Berkaitan dengan itu, terdapat beberapa tutorial dalam membuat benang gelasan, langkah-langkahnya sebagai berikut :

Siapkan bahan yang dibutuhkan :


  1. pecahan kaca dari (lampu neon)
  2. Telur ayam.
  3. Bahan Pewarna. Bisa menggunakan pewarna makanan ataupun pewarna tekstil/pakaian.
  4. Lem kayu dan Air
  5. kaleng ( untuk memasak adonan)

Setelah bahan sudah disiapkan, lanjutkan ke proses pembuatan benang gelasannya :



  1. Tumbuk pecahan kaca dari lampu neon tersebut sampai halus, untuk wadah menumbuk bisa menggunakan batok kelapa agar hasil tumbukannya mudah merata.
  2. Masukkan serbuk halus kaca hasil tumbukan, lem kayu, telur, pewarna, dan sedikit air ke dalam kaleng dan masak adonan tersebut, sambil diaduk rata sampai mendidih hingga 15 menit. Setelah usai, angkat adonan dan tungguh hingga sedikit dingin.
  3. Bentangkan Benang dari satu pohon kepohon lainnya, ini berfungsi agar saat pengolesan bahan adonan pada benang dapat dilakukan lebih mudah.
  4. Balurkan adonan yang sudah dimasak tadi ke benang. Bisa dengan menggunakan jari telunjuk dan jempol yang sudah dicelupkan adonan kemudian tempel ke helaian benang sambil kita berjalan hingga semua bagian benang terbalut dengan adonan tadi.
  5. Jika ingin hasilnya lebih bagus, proses membalur adonan ke benang dapat dialkuka hingga dua atau tiga kali.
  6. Selanjutnya, kita tinggal menunggu hingga adonan yang melekat pada benang benar-benar sudah kering dan merekat.
  7. Setelah proses penjemurannya selesai,  gulung benang pada kaleng dan benang gelasannya siap untuk digunakan.



Akhir kata, semoga informasi tentang CARA MEMBUAT BENANG GELASAN dapat berguna untuk sobat. Jika terdapat info yang kurang dipahami, silahkan tinggalka pesan dikolom komentar.

Jangan lupa bagikan info ini ke teman yang lain melalui ikon media social di bawah, supaya ilmunya bisa berkah. Sekian, terima kasih atas kunjungannya.

0 Response to "CARA MEMBUAT BENANG GELASAN"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel