CARA MEMBUAT LAYANG-LAYANG KEPAK ELANG

CARA MEMBUAT LAYANGAN KEPAK ELANG


Layangan Kepak Elang merupakan jenis layangan unik yang memilki ciri khas tersendiri dari segi bentuknya. Layangan kepak Elang ini mirip dengan layangan burung elang jika kita menyaksikan terbangnya layangan ini pada kejauhan. Sebelum masuk pada langkah langkah pembuatan layangan kepak elang, perlu Admin sarankan khusus bagi sobat yang belum mengetahui cara membuat layangan agar terlebih dahulu membaca artikel cara membuat rangka dasar layangan karena artikel ini merupakan lanjutan dari artikel tersebut.

Layangan kepak elang ini bukanlah layangan yang berbentuk elang secara keseluruhan, dikatakan layangan kepak elang karena bentuk sayapnya saja yang menyerupai sayap burung elang.


Langkah-langkah Membuat Layangan Kepak elang


Siapkan bahan utama yang biasa digunakan untuk membuat layang-layang kepak elang seperti buluh/bambu yang sudah dibelah menjadi beberapa bagian, benang untuk mengikat rangka, Pena atau pensil untuk menggaris serta pisau untuk meraut. Menyangkut panjang bambu, hal tersebut tergantung pada ukuran layangan yang ingin sobat. Berikut ini tahapan dalam membuat layang kepak elang.
  • Terlebih dahulu belah bambu menjadi beberapa bagian.
  • Potong menjadi beberapa bagian seukuran jempol orang dewasa

MEMBUAT SAYAP LAYANGAN KEPAK ELANG.


Sayap layang-layang kepak elang terdiri atas dua bagian, bagian atas dan bagian bawah yang nantinya kedua sayap tersebut diikat pada bagian ujung masing-masing hingga menjadi sepasang sayap. Berikut dapat dilihat tahapan pembuatannya :


  • Kedua sisi sayap diraut dari bagian titik tengah ke bagian ujung sayap, semakin ke ujung semakin kecil pula bagian sayap hasil rautan. Raut kedua sisi kanan dan kiri bagian sayap.
  • Raut kedua bagian hingga memperoleh lengkungan dan keseimbangan antara sisi sayap kiri dan kanan.
Setelah kedua bagian sayap sudah jadi dan sudah seimbang, hal selanjutnya adalah pembuatan tiang layangan, bentuk hasil raut dari proses ini sebaiknya disesuaikan dengan ukuran pangkal sayap layangan.

  •  ikatkan kedua saya tersebut pada tiang layangan.
  • Satukan sayap, dengan mengikat ujung masing-masing sayap bagian atas dan sayap bagian bawah, seperti gambar di bawah.
  • Pastikan bahwa sayap bagian atas dan bawah, memiliki lengkungan yang sama.
  • Langkah selanjutnya adalah menambah bagian pada ujung sayap yang nantinya akan nampak seperti kepak elang jika diterbangkan di udara. Caranya ikatkan buluh yang diraut tipis, ukurannya sekitar 1/2 lebih kecil dari ujung sayap layangan, kalau panjangnya, tergantung dari selera sobat.


  • Ikatkan buluh tipis di ujung sayap, jika perlu ikat di dua sisi, agar posisinya tidak tergeser jika tertiup angin.


MEMBUAT EKOR LAYANG KEPAK ELANG


Kerjakan bagian ekor kepak elang, pada tahapan ini tentunya anda juga perlu meraut dan menimbangnya sama saat sayap dibuat tadi. Usahakan buluh diraut hingga menghasilkan bentuk yang agak tipis khusus untuk bagian ini. Berikut bagian-bagian dalam membuat ekor layang kepa kelang :

  • ikatkan posisi ekor tepat dibagian ujung bawah tiang/tulang belakang layangan seperti gambar di atas.




  • Buat bagian penahan ekor, dengan mengikatkan benang atau tali rapia :





  • Ikatkan Benang/ tali rapia pada ujung kiri dan kanan ekor menuju tiang layangan, posisinya pada pangkal sayap bagian bawah. Perhatikan pengikatan bagian ekor seperti gambar di atas.




  • Sampai di sini, rangka layangan sudah siap diberikan kertas guna untuk diterbangkan.


Demikian informasi tentang cara membuat layangan kepak elang. Jika terdapat kekeliruan, admin sebagai penulis memohon maaf atas hal demikian dan bila ada halyang kurang dimengerti silahkan tinggalkan pesan sobat di kolom komentar. Sekian, Semoga informasinya dapat membantu, terima kasih atas kunjungannya.

0 Response to "CARA MEMBUAT LAYANG-LAYANG KEPAK ELANG"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel