Cara Memperpanjang Nafas Ayam Bangkok

Memperpanjang nafas ayam aduan yang cepat ngos ngosan membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Ada banyak cara yang beredar mulai dari pemberian obat-obatan dari bahan kimia yang belum jelas dampaknya seperti apa hingga membuat ramuan khusus agar ayam bangkok memiliki nafas panjang.

Ciri ayam bangkok mempunyai nafas yang bagus sebenarnya dapat dilihat dari bentuk fisik ayam itu sendiri tepatnya pada bentuk tulang dada yang memanjang ke bawah, hal ini dapat diketahui dengan meraba postur tubuh ayam. Sedangkan ciri lainnya juga dapat dilihat secara langsung, ayam aduan yang terlihat mempunyai postur tubuh yang bentuknya memanjang (bukan tinggi) juga merupakan salah satu ciri ayam aduan nafas panjang.

Merawat ayam bangkok yang nafasnya pendek membutuhkan kesabaran dalam perawatan, khususnya pada proses penyembuhan ayam yang nafasnya cepat ngos ngosan saat bertarung. Hal ini jangan sampai dipaksakan melalui latihan fisik seperti menjemur hingga berjam-jam lamanya atau memaksakan ayam bertarung hingga diluar batas kemampuan fisik ayam. Melakukan hal semacam ini pada ayam akibatnya bisa fatal justru hanya akan mencederai tubuh dan akan merusak mental ayam aduan jika dilakukan.

Ada banyak persiapan penghobi ayam ini agar bisa tampil prima
saat bertarung, mulai dari membuat jamu ayam aduan dari berbagai bahan alami hingga penyiapan obat herbal lainnya supaya nafas ayam kuat saat berlaga karena seperti yang kita ketahui nafas ayam bangkok yang stabil merupakan faktor yang sangat berperan penting tepatnya pada saat ayam bangkok dalam posisi bertarung.

Sebagus apapun ayam aduan dari segi sisik, keturunan menangan dari gen ayam bangkok berkualitas namun jika ayam tersebut mempunyai nafas yang pendek maka akan mengalami kesulitan gaya tarung jika ayam aduan tersebut berhadapan dengan ayam yang mempunyai kualitas nafas yang jauh lebih baik.

Penyebab ayam aduan nafas pendek bukanlah karena faktor gen semata, terdapat beberapa hal yang memicu dimulai dari proses perawatan ayam umur 3 bulan hingga ayam bangkok tersebut tumbuh dewasa. Berikut ini beberapa faktor penyebab nafas ayam bangkok mudah ngos ngosan saat di adu antara lain :

  1. Ayam aduan jarang di umbar sehingga mengakibatkan otot ayam menjadi kaku.
  2. Terlalu kelebihan mengkonsumsi pakan yang basah dan menyebabkan penyumbatan lendir yang banyak di tenggorokan ayam sehingga menghambat saluran pernafasan ayam bangkok ciri yang nampak dapat didengar dari nafas ayam bunyi ngorok jika mengalami bagian ini.
  3. Durasi waktu latihan tarung (abar) yang tidak beraturan atau tidak bertahap. ayam aduan yang akan di abar untuk pertama kalinya sebaiknya diselingi setting waktu (durasi) yang bertahap.
Contoh untuk poin ke -3 di atas, pada tarung pertama berdurasi 5 menit dilanjut pada minggu selanjutnya latihan tarung kedua dengan durasi waktu 7 menit dan seterusnya ditambah 2 menit hingga mencapai waktu normal dalam 1 ronde.

Latihan tarung ayam bangkok (abar) dengan disiplin waktu merupakan bagian yang paling penting tetapi kadangkala diabaikan begitu saja. Sebagian orang beranggapan bahwa waktu menjemur ayam aduan 1 hingga 2 jam lamanya akan memperpanjang nafas ayam aduan. Hal ini pengaruhnya sedikit terkecuali untuk ayam yang kegemukan bagian ini sangat efektif untuk pembakaran lemak.

Berikut ini saya akan mengulas beberapa pengalaman dalam menangani ayam aduan yang nafasnya pendek agar dalam Pertarungan ayam aduan tidak mudah ngos-ngosan. Adapun Cara Memperpanjang Nafas Ayam bangkok terbagi menjadi dua bagian, yang pertama Perawatan yang mencakup penjemuran ayam bangkok dan yang kedua yaitu pemberian obat alami untuk memperpanjang nafas ayam bangkok, caranya sebagai berikut:

Pemberian Obat Pada Ayam Aduan

Sebaiknya menggunakan obat alami dalam hal perawatan ayam bangkok karena pemberian obat berupa bahan kimia tidak bersifat permanen bahkan dapat merusak fisik dan mental ayam apabila digunakan dalam jangka waktu yang panjang.

Berikut Obat alami yang baik digunakan untuk memperpanjang nafas ayam bangkok :

  1. Pemberian kuning telur ayam kampung. Diberikan setiap pagi. 1 minggu sebelum ayam training/bertarung.
  2. Pemberian Gula merah. Diberikan 1 x /3 hr. Ukurannya sebesar jempol orang dewasa. Jangan terlalu banyak memberikan gula merah karena dapat mengganggu nafsu makan ayam.
  3. Pakan ayam ( Jagung + beras merah ). Kombinasikan pakan Jagung dan gula merah dengan perbandingan 1:1

Perlu diperhatikan pemberian pakan ayam sebaiknya menggunakan alat takar, karena hal ini dapat berpengaruh terhadap naik turunnya postur tubuh ayam bangkok.

Menjemur Ayam Bangkok

Penjemuran menjadi bagian yang kedua ini juga cukup penting, tetapi perlu diperhatikan bahwa menjemur ayam bangkok bukan sampai ayam sampai dengan kondisi ngos-ngosan karena kepanasan.

Hati-hati jangan tergesa-gesa agar ayam aduan memiliki nafas panjang maka anda memilih cara ini. Jangan memaksakan ayam aduan supaya kondisinya fit/bernafas panjang

Penjemuran ayam sebaiknya hanya dilakukan dipagi hari setelah antara pukul 07.00 -10.00 dan sore hari pukul 15.00-17.00. Mandi secukupnya sebelum di jemur, waktu atau durasi menjemur ayam cukup hingga hingga bulu mengering biasanya berlangsung 15 menit.

Catatan: Sebaiknya jangan menjemur ayam sampai ayam ngos-ngosan akibat terik matahari tetapi cukup sampai bulu ayam aduan mengering dihitung dari setelah ayam usai dimandikan. Terkecuali untuk ayam yang kegemukan , lakukan penjemuran maksimal 30 menit/hari.

Demikian beberapa ulasan tentang cara untuk memperpanjang nafas ayam bangkok. Semoga informasinya dapat berguna.

0 Response to "Cara Memperpanjang Nafas Ayam Bangkok"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel