Layangan Burung Enggang

Layangan burung enggang merupakan layangan yang berbentuk burung baik dari segi warna layangan hingga tiap lekukan rangka layangan ini. Layangan Enggang ini adalah jenis layangan yang berasal dari Kalimantan timur, seperti yang kita ketahui bersama bahwa ada banyak jenis layangan unik yang berasal dari Kalimantan.

Cara membuat layangan burung enggang

Secara keselurahan layangan ini dibuat berdasarkan bentuk burung enggang atau burung rangkog. Burung enggang tersebut merupakan jenis burung burung yang dilestarikan keberadaannya di hutan belantara Kalimantan. Selain itu burung Enggang atau rangkok ini menyimbolkan suku dayak atau suku asli dari Kalimantan.

Selain layangan burung enggang, sebenarnya masih ada lagi salah satu layangan yang bentuknya terinspirasi dari burung rangkog tersebut yaitu layangan dandang laki dan layangan dandang bini. Layangan ini juga berasal dari daerah yang sama yaitu Kalimantan.

Bagi masyarakat dayak burung enggang merupakan salah satu contoh kehidupan bermasyarakat agar senantiasa mencintai serta mengasihi pasangan hidupnya hingga mengasuh anak-anaknya kelak menjadi orang dayak yang mandiri.

Ukuran layangan burung enggang sangatlah sederhana atau tidak terlalu besar. Warna hitam merupakan warna dasar layangan burung Enggang ini yang kemudian dikombinasikan dengan warna hijau tua dan kuning pada bagian paruhnya.

Rangka  Layangan burung enggang memilki bentuk yang hampir sama persis dengan burung rangkog, dimulai dari bentuk kepala hingga ujung ekor layangan ini. Hal lain yang tidak kalah menarik dari jenis layangan ini karena layangan burung enggang juga dipasangi kaki dan paruh layaknya burung sungguhan agar tampilannya sesuai dengan bentuk dari burung enggang atau rangkog.

Demikian informasi tentang Layangan Burung Enggang. Semoga informasi ini dapat bermanfaat kepada para sobat sebagai pembaca dalam mencari info tentang Layangan Burung Enggang yang berasal dari Kalimantan ini. Apabila terdapat hal yang kurang dipahami, silahkan tingalkan pesan pada kolom komentar dibawah.

Agar info ini semakin bermanfaat untuk semua orang, Jangan lupa bagikan informasi ini kepada teman-teman yang lain melalui menu media sosial dibawah ini. Sekian dan terima kasih atas kunjungannya.

0 Response to "Layangan Burung Enggang"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel