LAYANGAN KOANG

Layang-layang Koang


Layangan koang merupakan jenis layangan yang bentuk atau tampilannya tidak jauh berbeda dengan jenis layangan lain yang dominan pada bentuk sayap hingga kepala layangan. Layangan Unik yang diberi nama layangan koangan kemungkinan karena pada bodi layangan tersebut dipasangi bunyian sebagai aksesoris untuk menambah nilai keunikan atau hiburan tertentu pada pemain layangan tersebut.

Aksesoris layangan atau bunyian layangan yang dimaksud disini juga memilki nama yang berbeda-beda pula untuk tiap daerah tertentu. Di beberapa daerah ada yang menyebutnya “sendaren” dan ada juga yang menyebutnya gapangan. Dengan demikian, jika kita kembali pada nama masing-masing layangan yang dipasangi bunyian tersebut, hal itu tergantung dimana layang-layang tersebut dibuat serta  tidak menutup kemungkinan di wilayah tempat tinggal sahabat jenis layangan ini memilki nama yang berbeda pula.

Menyangkut cara membuat layangan koang juga bervariasi, hal ini berdasarkan beberapa sumber yang sempat admin baca, dimana bentuk layangan ini memilki perbedaan mendasar pada bagian bawah/ekor layangan saja untuk sebagian besar tampilan layangan pada umumnya. Di beberapa sumber lainnya, terkait dengan bentuk ekor layangan koangan ini juga bermacam-macam. Ada yang berbentuk persegi, bulat bahkan ada juga yang bentuknya seperti ekor capung.



Jika sahabat ingin melihat tahapan proses pembuatan layangan yang mirip dengan layangan koang ini, silahkan scroll ke bawah dan cari cara membuat layangan Gondi. Di daerah tempat tinggal kami, layangan yang dipasangi bunyian ini diberi nama demikian yaitu layangan gondi. Layangan gondi ini merupakan jenis layangan aduan, cara mengadu layangan ini juga berbeda dengan layangan lain secara umum.

Baca : Juara Dunia Layangan Aduan

Di beberapa daerah tertentu mungkin mengandalkan jenis benang untuk mengadu layangan, dimana layangan di adu hingga salah satu tali layangan putus. Berbeda dengan Layangan gondi, cara adu layangan unik yang satu ini dilakukan dengan menabrakkan layangan milik kita ke arah layangan lawan di udara. Terkhusus untuk jenis layangan ini dinilai dari seberapa banyak sobekan pada layangan milik lawan. Semakin sedikit sobekan layangan sebuah layangan maka semakin besar juga kemenangannya.

Perlu untuk diketahui sebelumnya bahwa perbedaan antara layangan koangan dengan layangan gondi ini sesuai dengan apa yang disampaikan sebelumnya yaitu perbedaanya terletak pada bagian ekor kedua jenis layangan ini.

Untuk bagian ekor layangan, kita mungkin dapat membuatnya hanya dengan melihat beberapa media yang ada atau berdasarkan contoh dari beberapa sumber tentang macam-macam bentuk ekor layangan,. Tetapi ada hal penting dibalik hal tersebut yaitu keseimbangan antara bodi layangan bagian atas dan bawah yang meliputi keseimbangan ekor dengan kepala layangan.

Artinya hasil dari membuat layangan, baik itu layangan koang, layangan wau dan layangan lainnya tidak terjamin dapat diterbangkan secara sempurna. Beberapa layangan hasil buatan sendiri jika tidak didasari kemahiran, biasanya layangan sulit untuk diterbangkan dan hanya mutar-mutar. Hal ini disebabkan karena kurangnya keseimbangan antara ekor dengan kepala layangan.

Tips Bagi sahabat yang masih dalam tahap belajar membuat layangan, silahkan sobat membaca artikel di blog ini tentang cara membuat rangka dasar layangan dan lanjut ke artikel cara membuat layangan wau bulan atau layangan gondi.

Baca : Cara Membuat Rangka Dasar Layangan

Demikian informasi tentang Layangan Koangan, semoga artikel ini bisa berguna untuk para sahabat, sekian dan terima kasih atas kunjungannya.



0 Response to "LAYANGAN KOANG"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel