Memancing Ikan Pakai Layangan

Memancing Pakai Layangan


Memancing ikan pakai layangan-Sekarang ini, menggunakan layang-layang  untuk memancing ikan bukanlah hal yang banyak diketahui orang. Meski memancing dengan menggunakan layangan ini bukanlah hal yang baru, sebagian para pemancing tentu belum mengetahui tekhnik memancing ini.

Seperti halnya warga Kampung Sawang, Kecamatan Melongwane, Talaud ini. Penduduk Sawang menangkap ikan di laut terbilang cukup unik, lain dari yang lain. Nelayan di kepulauan Talaud Sulawesi Utara ini menggunakan layang-layang untuk menangkap ikan tuna.



Namun berbeda dengan layangan lain pada umumnya, layang-layang yang digunakan oleh para nelayan ini tidak terbuat dari kertas melainkan terbuat dari daun tabang.

Hal lain yang tak kalah menarik dari tekhnik memancing ini yaitu karena umpan yang digunakan adalah sarang laba-laba, karena menurut para nelayan itu, sarang laba-laba bisa merekat atau menjerat dengan sangat kuat bila ikan menggigitnya sehingga ikan tidak mudah lepas.

Umpan dari sarang laba-laba tersebut dililit hingga berbentuk seperti gelang dan diikat dengan benang. Menurut Z. Lumang, Mantan kepala kampung sawang,   tidak perlu terlalu banyak umpan, karena setiap gumpalan sarang laba-laba cukup untuk menjerat banyak ikan.

Sebagian besar penduduk Kepulauan Talaud bekerja sebagai nelayan. Sebelum pergi ke laut, nelayan di gugusan Kepulauan Talaud terlebih dahulu mencari daun tabang untuk dibuat layang-layang. Daun tabang banyak tumbuh di pohon besar di sekitar pulau talaud ini.

Pencari daun tabang umumnya anak muda, namun pembuat layang-layang adalah para orang tua, karena hanya merekalah yang mampu melakukannya. Sebelum dibuat layang-layang, daun tabang terlebih dauhulu diukur agar seimbang.

Kemudian pinggiran daun diberi lidi sehingga bisa mengembang jika ditiup angin. Layang-layang ini terdiri dari dua bagian, yaitu bagian kepala dan badan. Kedua bagian dihubungkan dengan lidi, dan dijahit dengan benang. Setelah layang-layang selesai dibuat, para nelayan mempersiapkan umpan dari sarang laba-laba.

Sebelum berangkat ke laut, layang-layang terlebih dahulu harus dicoba, apakah dapat terbang atau tidak karena akan menjadi hambatan apabila layangan yang digunakan tidak dapat terbang secara efektif. Hal tersebut harus dipersiapkan secara matang untuk mempermudah proses penangkapan ikan.

Sekian informasi tentang menangkap ikan pakai layangan. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk para pembaca. Apabila terdapat info yang kurang dipahami, silahkan tinggalkan pesan pada kolom komentar di bawah. Demikian, jangan lupa bagikan info ini ke teman yang lain agar dapat menjadi ilmu atau inspirasi tersendiri. terima kasih atas kunjungannya.

sumber : talaudnews.wordpress.com

0 Response to "Memancing Ikan Pakai Layangan"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel