CARA MEMBUAT LAYANG LAYANG LAKE

Cara Membuat Layang-layang Lake


Layang-layang Lake merupakan layangan yang berasal dari tanah mandar, sulawesi barat. Layangan Lake sering diperlombakan di daerah Mandar ataupun disekitarnya. Adapun aspek yang menjadi penilaian perlombaan layangan ini yaitu dilihat dari seberapa derajat tali layangannya tegap melawan angin.

Maksud dari hal di atas, semakin baik keseimbangan hasil pembuatan layangan ini , maka semakin besar pula kemungkinan untuk menang dalam perlombaan. Untuk itu, rangka Layang layang lake harus dibuat seseimbang mungkin. Jika sobat tertarik untuk membuat, berikut ini kami sajikan cara membuat layang layang Lake yang dilengkapi gambar pembuatannya juga.

BAHAN DAN ALAT.

Siapkan bahan utama untuk membuat layang-layang bulan seperti buluh/bambu yang sudah dibelah menjadi beberapa bagian, benang untuk mengikat rangka, Pulpen atau pensil untuk menggaris serta pisau untuk meraut. Panjang ukuran bambu yang digunakan sesuai selera sobat sebesar apa layang layang yang ingin sobat buat. 

PEMBUATAN SAYAP LAYANGAN.


Sayap layang-layang Lake harus dibuat seseimbang mungkin, dan diusahakan agar tidak terlalu lentur dan juga tdk terlalu keras. Hal ini disebabkan karena jika sayap layangan terlalu keras untuk ditekuk maka layangannya menjadi liar saat melawan angin. Jika sobat ingin membaca tahap awal pembuatan layangan ini, silahkan sobat membaca Cara membuat rangka dasar layangan melalui link di bawah ini, dan Berikut langkah pembuatan sepasang sayap layang layang Lake :

  • Terlebih dahulu tentukan titik tengah kedua buluh calon sayap yang akan diraut, berikan tanda/garis dengan menggunakan pensil/pulpen.
  • Kedua sisi sayap diraut dari bagian titik tengah ke bagian ujung kiri dan kanan sayap, semakin ke ujung semakin kecil bagian sayap hasil rautan dan semakin  lentur juga bagian sayap layangan semestisnya. 
  • Raut kedua sisi sayap hingga memperoleh lengkungan yang sama persis serta keseimbangan yang juga harus di utamakan. 
  • Buatlah dua buah sayap yang lengkungan dan beratnya seimbang.
  • Cara memeriksa keseimbangan sayap layangan menggunakan benang atau ujung jari. Caranya, Ikat bagian titik tengah sayap yang tadi di garis dengan pensil/pulpen, kemudian angkat benangnya ke udara.
  • Buat potongan 1/2 tepat di setiap ujung sayap, dimana bagian ini merupakan bagian untuk mengikat/ menyatukan sayap bagian atas dan bawah.

Setelah melakukan langkah-langkah di atas, kembali kita mengecek keseimbangan sayap layangan seperti cara menyeimbangkan sayap pada sebelumnya. Jika kedua buah sayap sudah pas keseimbangannya, maka kita bisa beralih ke tahap selanjutnya.

PEMBUATAN TIANG LAYANGAN

Ukuran tiang disesuaikan dengan besarnya ukuran pangkal sayap layangan yang dibuat sebelumnya. Bentuk fisik hasil raut pada tiang layangan sesuai dengan ukuran pangkal sayap atau titik tengah sayap layangan yang dibuat sebelumnya. Laukan rautan keseluruh bagian calon tiang layangan hingga memperoleh hasil yang sesuai. Berikut tahapan membuat tiang layangan :
  • Setelah tiang layangan jadi, ikatkan salah satu sayap hasil rautan tadi di bagian atas tiang, sekitar 7 cm ke bawah dari ujung atas tiang. Jadi panjang ukuran kepala layangannya adalah  7 cm.
  • Ikatkan sayap kedua di bagian bawah sayap atas, dengan ukuran 80 cm ke bawah dari dari sayap bagian atas.
  • Satukan kedua sayap dengan mengikat masing-masing ujung pada sayap.
  • Lekukkan kedua sisi sayap hal ini juga bertujuan untuk melihat keseimbangan lekukan sayap layang-layang lake dan sampai di sini dapat dilihat hasil lengkungan sepasang sayap.

PEMBUATAN LAKE LAYANGAN

Lake layangan berbentuk balon udara dalam posisi terbalik, berikut ini langkah langkah membuat lake layangan :
  • Ambillah buluh/bambu sepanjang 60 cm.
  • Raut bambu setipis mungkin agar mudah ditekuk hingga tekukannya berbentuk seperti balon udara,
  • Raut setipis mungkin, usahakan agar tingkat kelenturannya dapat mempertemukan 2 bagian ujung buluh/bambu.

Bagian pembuatan Lake yang nantinya menjadi bagian perut Layangan ini tidak terlalu rumit tetapi tetap saja harus diseimbangkan, cara menyeimbangkan sama seperti saat sayap layangan ditimbang sebelumnya.

Jika sudah seimbang, sambungkan kedua ujung Lake dengan rotan yang sudah diraut tipis, setipis Lake Layangan yang dibuat. Bisa juga menggunakan pipet minuman sebagai alternatif. Pipet/ rotan tipis ini berfungsi sebagai bagian pengikatan di bodi layangan.

Kerjakan bagian ekor, Gunakan potongan bambu yang sudah diraut tipis, setipis Lake layangan yang dibuat sebelumnya. Panjang ukuran bambu hasil rautan yang diperlukan yaitu 20 cm.

PEMASANGAN RANGKA LAYANG-LAYANG.

Memasang atau mengikatkan rangka layangan menjadi satu bagian tentu perlu ketelitian juga dalam prosesnya. Selain itu, bahan pengikatan juga menjadi hal yang perlu diperhatikan agar dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama. Berikut tahapan pengikatan rangka layangan :


  • Ikatkan Lake layang layang ke tiang layangan tepat dibagian bawah pangkal sayap. Untuk lebih jelasnya perhatikan gambar



  • Ikat bagian ekor layangan yang terakhir dibuat tadi, posisinya tepat bagian bawah lake layangan.

  • Ikat ujung ekor layangan dan hubungkan ke tiang layang-layang seperti gambar berikut.


Sampai disini, bagian ekor layangan sudah selesai. Hal selanjutnya adalah membuat bagian kepala layangan, tahapan ini terbilang sangat simpel karena hanya memerlukan perkiraan yang baik saja menyangkut tata letak pengikatan antara tali kepala layangan di bagian pangkal sayap kiri dan kanan layangan.

Jika semua tahapan di atas sudah selesai, maka sobat tinggal memasang kertas pada rangka layangan yang sudah sobat buat dan tentu siap untuk diterbangkan, berikut ini gambar rangka layangan secara keseluruhan.



Semoga informasinya dapat membantu, terima kasih atas kunjungan teman-teman yang kreatif

0 Response to "CARA MEMBUAT LAYANG LAYANG LAKE"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel