Cara Membuat Layangan ikan

Cara membuat layangan Ikan atau layangan sederhana ini membutuhkan ketelitian dalam menentukan titik keseimbangan secara menyeluruh di tiap bagian kerangka layangan. Bagi sobat yang lagi bikin layangan, tidak ada salahnya menjadikan artikel ini sebagai referensi untuk tahap awal dalam belajar membuat layangan.

Pada pembahasan kali ini, admin yang juga kebetulan masih new dalam membuat layangan, hari ini memiliki sedikit informasi tambahan kepada para sobat yang lagi belajar membuat layang-layang. Layangan yang dijadikan sampel sesuai judul artikel ini yaitu Layangan sederhana. Kalau di tempat tinggal admin layangan ini diberi nama Layangan ikan.

Membuat Layang-layang dengan bentuk sederhana merupakan dasar pengetahuan sebelum membuat layang-layang lain yang tingkat kerumitan pembuatannya lebih tinggi, meskipun ada juga sebagian orang yang dapat membuat layangan yang proses pembuatannya rumit tanpa harus diawali dengan belajar dari pembuatan layangan yang sederhana.

Namun, Seiring perkembangan zaman dari waktu ke waktu, beragam layangan hadir dengan berbagai bentuk atau model yang khas berdasarkan wilayah dibuatnya layang-layang tersebut. Dari berbagai bentuk layangan itu, masing-masing memilki tingkat kerumitan dalam proses pembuatannya. Semakin banyak susunan rangka suatu layangan maka akan semakin rumit pula proses pembuatan layangan itu.

Maka dari itu, sebelum kita belajar membuat layangan yang tingkat kerumitannya lebih tinggi, mari kita coba untuk belajar membuat layangan dan berikut ini cara pembuatannya.


Alat dan Bahan yang diperlukan

  1. Kantong plastik/kertas minyak
  2. Lem
  3. Bambu
  4. Benang
  5. Gunting

Langkah-langkah membuat layangan


  1. Buat tiang layangan dengan memotong dan meraut batang bambu dengan panjang 50 cm atau sesuai selera berapa tinggi layangan yang ingin dibuat.
  2. Buat sayap layangan, bentuk hasil rautannya semakin ke ujung semakin kecil. Raut hingga selentur mungkin. Usahakan bagian tengah sayap (pangkal antara sayap bagian kiri dan kanan) ukuran diameternya sesuai dengan batang/tiang layangan.
  3. Ikatkan bagian tengah sayap pada tiang layangan sekitar 7 cm ke bawah dari ujung atas tiang layangan. Bagian 7 cm itu yang nantinya akan menjadi bagian kepala layangan.



4. Ikatkan benang pada masing-masing ujung tiang layangan dan ujung sayap. Pada masing-ujung sayap, bentuk pengikatannya agak ditarik ke bawah menuju bahian bawah tiang layangan. Bentuknya seperti di bawah ini.





5. Gunting kertas dengan ukuran 2 cm lebih lebar dari ukuran rangka layangan. Sisa masing-masing ujung kertas yang 2 cm tadi diberikan perekat/lem kemudian dilipat kebagian dalam kertas. Gambarnya seperti di bawah ini.





Jika sobat sudah menempelkan bagian kertas yang permukaan diberi lem, maka Hasilnya seperti gambar di bawah ini :






Setelah proses di atas usai, selanjutnya buatlah lubang kecil pada kertas layangan. Lubang tersebut dijadukan bagian pengikatan tali layangan, posisinya tepat di bagian pangkal yang disilangkan, posisinya tepat seperti gambar pertama di atas, Pasang benang layang-layang melalui lubang pada bagian tersebut.

Selanjutnya lakukan hal yang sama dengan melubangi kertas bagian bawah layangan (3 cm ke atas dari ujung bawah tiang layangan). Hubungkan ujung tali/benang dengan mengikat bagian bawah layangan yang baru dilubangi. selesai dan siap diterbangkan.

Demikian informasi tentang cara membuat layangan, semoga dapat membantu sobat dalam proses belajar membuat layangan. Apabila terdapat hal yang kurang jelas, jangan ragu untuk meninggalkan pesan atau pertanyaan di kolom komentar. Satu hal lagi, jangan lupa Admin tentunya akan berterima kasih jika sobat meluangkan waktu untuk membagikan artikel ini melalui media sosial yang ada di bawah. Terima kasih atas kunjungannya.

0 Response to "Cara Membuat Layangan ikan"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel